Resep Rempeyek Kriukk




Assalamu’alaikum, Sobat.
Apakah sobat termasuk orang yang suka makanan renyah dengan rasa umami? Rempeyek tahu khan? Entah yang bertabur kacang, ikan teri, atau ebi.  Kerenyahannya selalu dinanti di meja makan. Bisa juga jadi cemilan sehari-hari. Ibu saya jagonya bikin rempeyek kacang, dulu bahkan sempat dijual secara konsinyasi di warung-warung dan laris. Ternyata membuat rempeyek yang sempurna membutuhkan trik khusus seperti berikut ini :
  1. Bumbui adonan rempeyek dengan bawang putih, kencur, ketumbar, merica butiran yang dihaluskan dan irisan daun jeruk limau serta daun kucai. Atau jika Sobat tergolong orang sibuk, cukup haluskan bawang putih, ketumbar, dan garam.
  2. Gunakan tepung beras berkualitas bagus, cirinya putih, bersih, dan tidak berbau apek (Ibu saya dulu pakai tepung cap “Mawar”). Namun ternyata tepung tradisional yang dijual di pasar lebih baik dari yang dijual di supermarket. Pastikan diayak dahulu supaya kotorannya bisa terbuang.
  3. Bila yang mau dibuat adalah rempeyek kacang, lebih bagus jangan mengupas kulitnya. Belah kacang jadi dua supaya lebih renyah saat selesai digoreng.
  4. Saat sobat mengaduk tepung dan bumbu halus, tuangkan air sedikit demi sedikit.
  5. Gunakan wajan anti lengket, dan pastikan minyak yang dipakai bersih, panas, dan banyak. Patokannya adonan  rempeyek harus bisa terendam dan muncul gelembung-gelembung  kecil.
  6. Ambil adonan menggunakan sendok besar (sesuaikan dengan ukuran yang sobat kehendaki), lalu tuangkan ke wajan hingga membentuk lingkaran yang tipis.
  7. Rempeyek yang tipis bisa dimasak 1 – 2 menit saja di atas api kecil. Jika Sobat menghendaki kerenyahan rempeyek yang agak tebal, sebaiknya menggoreng adonan satu-persatu dengan minyak sedikit. Cukup sampai setengah matang. Lalu digoreng lagi dengan jumlah minyak yang banyak.
  8. Taruh rempeyek yang matang di atas tisu dapur, lalu simpan ke dalam stoples setelah dingin supaya tahan hingga 2 minggu.
Rempeyek juga asyik dinikmati sebagai lauk. Ada juga rempeyek teri  yang merupakan pasangan abadi  Urap / Gudangan.  Kriuk..kriuk  :D

No comments :