Tutorial Membuat Boneka Flanel Cantik



Assalamu'alaikum Sobat.

Tutorial boneka yang kedua ya, kali ini saya sharing tentang pembuatan boneka imut yang cukup hasilnya cukup memuaskan saya ini Alhamdulillah (entah pendapat yang lain ya..). Tapi saya sempat posting gambar ini di sebuah grup facebook (agak norak sebenarnya he..he..) dan sambutannya adalah seperti ini :

Kita mulai yuk!

  1. Pertama kita siapkan bahan dan alatnya dulu. Biasaaaa...kain flanel (saya pakai warna biru frozen, hitam, putih, putih tulang, dan kuning, benang sewarna kain, lem UHU atau lem tembak, gunting, dan pensil warna untuk perona pipi.
    Gb.1
  2. Siapkan pola boneka. Saya mendapat pola ini di internet. Silakan Print / jiplak gambar.
    Gb.2
  3. Gunting pola di atas lalu terapkan di atas kain flanel. Untuk tubuhnya kita jadikan dua lembar (kepala, badan, kaki) juga sepatu dan baju. Untuk bagian lengan baju kita jadikan 4 lembar.
    Gb.3
  4. Jahit bagian badan terlebih dahulu. Tempelkan dulu sepatu pada bagian kaki sebelum dijahit. Isi dengan dakron atau kapas.
    Gb.4
  5. Setelah semua bagian tubuh selesai dijahit, sambungkan bagian kepala, badan dan kakinya. Jahit poni dan rambut bagian belakang kepala boneka. Siapkan juga bajunya. Jahit jadi satu baju dan apronnya pada bagian tepinya dengan tusuk jelujur. Tempelkan saku depannya juga menggunakan lem.
    Gr.5
  6. Pasangkan baju ke tubuh boneka. Tempelkan juga rambut panjang si boneka.
    Gb.6
  7. Tempelkan bagian kerah baju, lengan baju, bando, dan pita hitamnya.
    Gb.7
  8. Jika sudah tertempel seperti gambar di bawah ini jadinya.
    Gb.8
  9. Gambar bagian mata sipit dan senyumnya tipis-tipis, lalu sulam dengan benang hitam dan merah.
    Gr.9
  10. This is it. Boneka manisnya sudah jadi. Boleh dikasih nama sesuka Sobat (Boneka ini mirip Alice "Alice in Wonderland" ya?). Oya, boleh dipakaiin blush on di pipinya menggunakan pensil warna (baru nyadar pipinya masih polos he..he..).





3 comments :

Anonymous said...

nyambungkan kepala, badan, sama kakinya itu pakai dijahit ato pake lem ya, mb?

T&T Toko Online said...

pakai lem

Anonymous said...

Kalau polanya mau diprint, pakai kertas ukuran brp ya?