Kain Felt and flannel, sama atau beda ya?


Assalamua’laikum, Sobat. 

Dulu sebelum mengenal kreasi flanel. Saya lebih dahulu mengenal baju flanel yang biasanya bermotif kotak-kotak. Di tahun 90’s baju itu keren dimata saya. Lalu ada kain flanel lembaran yang ternyata bisa dikreasikan menjadi apa saja, seliar-liarnya imajinasi kita. Felt, flanel, feltro..ah bikin penasaran. 
Ada yang bilang sama ada juga yang bilang beda. Kain felt adalah kain yang terbuat dari serat wool tanpa melalui proses tenun tapi dengan proses pengepresan atau kondensasi. Kain felt biasanya digunakan untuk bahan kerajinan. Misalnya untuk membuat boneka atau aplikasi baju anak-anak. Biasanya dijual perlembar dengan berbagai ukuran. Warnanya bisa polos atau bermotif dan permukaannya agak berserabut. Meskipun berserabut atau berbulu, kain felt sangat mudah dimanfaatkan untuk kerajinan karena jika digunting tidak akan menimbulkan uraian benang di bagian tepinya.
Kemeja Flanel
Sedangkan kain flanel adalah kain yang juga terbuat dari serat wool namun melalui proses penenunan. Bahannya bersifat lembut (karena melalui proses penyikatan juga) dan hangat. Kebanyakan motif kain flannel yang tersedia di pasaran bermotif kotak-kotak (Gingham/ tartan). Ada juga yang bergambar, biasanya untuk selimut bayi dan perlengkapan bayi. Beda dikit aja ya? 
Sekarang saya lebih tertarik ngomongin kain flanel untuk kreasi. Ternyata jenisnya banyak banget, bahkan ada yang bentuknya gumpalan. Siapa sih yang mulai membuatnya? Kreatif banget!!(takjub, beginilah si newbie crafter :D).
Flanel Akrilik
  • Kain Flanel Akrilik. Kain flanel akrilik ini adalah kain flanel yang terbuat dari bahan baku sejenis serat plastik yang biasa di sebut akrilik. Untuk jenis ini, pertanda dari kualitasnya adalah dimana semakin padat dan mudah berbulu kain tersebut, maka semakin bagus kualitas dari kain flanel akrilik tersebut. Kisaran harga kain flanel akrilik ini adalah mulai dari Rp. 21.000,- dengan ukuran 100 x 96 cm. 
Flanel Bamboo
  • Kain Flanel Bamboo. Flanel Bamboo adalah kain flanel dengan bahan yang sangat eco friendly karena terbuat dari campuran serat bambu dan serat kayu. Kain jenis ini karena memang terbuat dari bahan alami maka bisa dengan cepat terurai oleh alam. Produk kain flanel jenis ini masih sangat susah ditemukan di Indonesia, harganya dalam kurs USD berkisar mulai dari $6 untuk ukuran kurang lebih 50 x 55 cm. 
Flanel Blend

  • Kain Flanel Blend. Jenis kain flanel ini merupakan campuran dari 2 bahan. biasanya menggunakan campuran wool domba & rayon. Persentase masing2 komponennya pun berbeda2. Kain jenis ini dikenal memiliki varian warna yang luas, dan lagi untuk jenis ini kainnya lebih padat dan tidak mudah melar. Jenis ini di jual di toko online besar dengan harga yang tinggi, mencapai 80 ribuan perlembarnya, itupun ukuran kecil, sekitar 15-30 cm. 
Flanel Wool

  • Kain Flanel Wool. Kain flanel jenis ini berbahan dasar 100 persen wool, tekstur kainnya lebih berserat dan tebal, tidak mengherankan jika harganya paling mahal dintara jenis kain flanel yang lainnya. di Indonesia sangat jarang yang menjual flanel jenis ini. Harganya?? Wihhh di amazon saja bisa sampe $20 atau sekitar lebih dari RP.270.000 per 90 cm. 
Flanel Polyester

  • Kain Flanel Polyester. Untuk jenis kain flanel ini, harganya tidak jauh beda dengan jenis acrylic . beda nya, untuk jenis bahan polyester lebih licin ketika disentuh dan sedikit mengkilat. Kisaran harga kain flanel jenis ini juga masih satu level dengan kain flanel akrilik, sekitar 20 ribuan per 90cm. 
Serat Fiber Felt Wool

  • Felt wool. Felt wool terbuat dari bahan wool atau fleece. Bentuknya gumpalan seperti kapas. Bahan ini masih jarang ditemukan di Indonesia. Dari bahan ini bisa dibuat kerajinan yang disebut Needle Felting.  

Kain felt eh lebih akrabnya flanel jenis apa yang biasa sobat pakai? Banyak pilihan, don’t worry kita akan coba semuanya he..he.. Wassalam *v*

2 comments :

Kiki said...

Selamat siang kak,

Saya mau tanya, di Indonesia ada gak ya yang jual kain flannel kaku dan warna warni?

Krn selama ini yang saya lihat di toko online itu kain flannelnya yang lemes...

Mungkin kakak ada rekomendasi toko online mana yang jual kain flannel kaku

Terimakasih.

Salam,
KIKI

Anonymous said...

mungkin bisa diakali dengan disetrika di youtube sudah banyak tutorialnya